50 Contoh Soal PKN Kelas 11 Semester 1 Tentang HAM Kurikulum 2013 (PG+Essay)~Part3

50 Contoh Soal PKN Kelas 11 Semester 1 Tentang HAM Kurikulum 2013 (PG+Essay)~Part3 SMA/MA/SMK/MAK - Soal-soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XI semester ganjil K13 Edisi revisi tentang Hak Asasi Manusia (HAM) bagian ketiga atau terakhir ini, masih diambil dari materi Bab 1 soal kewarganegaraan tentang Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila.

Selain itu, soal bagian ke-3 tentang HAM merupakan lanjutan 50 soal PKN kelas 11 semester 1 tentang HAM sebelumnya (latihan soal nomor 16-30). 

Di mulai dari pertanyaan nomor 31, berikut dibawah ini soal kewarganegaraan tentang HAM kelas 11 semester 1 dan kunci jawaban kurtilas edisi revisi.




31. Jelaskan ciri khusus hak asasi manusia yang disebut hakiki!

Jawaban: Hakiki, artinya hak asasi manusia adalah hak asasi semua umat manusia yang sudah ada sejak lahir.



32. Sebutkan sikap positif yang dapat ditunjukkan oleh setiap warga negara sesuai dengan sila ketiga!

Jawaban:

a. Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

b. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara

c. Cinta tanah air dan bangsa

d. Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia

e. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang berBhinneka Tunggal Ika



33. Apakah yang dimaksud dengan kewajiban dasar manusia?

Jawaban: kewajiban dasar manusia adalah seperangkat kewajiban yang apabila tidak dilaksanakan, tidak memungkinkan terlaksananya dan tegaknya hak asasi manusia.



34. Apa yang dimaksud dengan genocoide (genosida)?

Jawaban: pembunuhan atau pemusnahan besar-besaran yang dilakukan secara sistematis dan terencana terhadap suatu bangsa, suku, atau ras. Tindakan ini dilakukan oleh suatu kelompok suku/bangsa terhadap suku/bangsa lain demi kepentingan politiknya.



35. Untuk menjamin pelaksanaan HAM di Indonesia, maka dibentuklah Komnas HAM. Apa yang dilakukan oleh Komnas HAM untuk mencapai tujuan tersebut?

Jawaban: kegiatan yang dilakukan oleh Komnas HAM:

a. Menyebarkan wawasan nasional dan internasional HAM.

b. Mengkaji berbagai instrumen PBB tentang HAM

c. Memantau dan menyelidiki pelaksanaan HAM serta memberikan masukan kepada badan pemerintahan negara mengenai pelaksanaan HAM.

d. Mengadakan kerja sama regional dan internasional dalam rangka memajukan dan melindungi HAM.




36. Sebutkan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai kasus pelanggaran HAM?

Jawaban:

a. Menegakkan supremasi hukum dan demokrasi

b. Meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk mencegah terjadinya berbagai bentuk pelanggaran HAM oleh pemerintah.

c. Meningkatkan pengawasan dari masyarakat dan lembaga-lembaga politik terhadap setiap upaya penegakkan HAM yang dilakukan oleh pemerintah.

d. Meningkatkan penyebarluasan prinsip-prinsip HAM kepada masyarakat melalui lembaga pendidikan formal maupun nonformal.

e. Meningkatkan profesionalisme lembaga keamanan dan pertahanan negara.

f. Meningkatkan kerja sama yang harmonis antarkelompok atau golongan dalam masyarakat agar mampu saling memahami dan menghormati keyakinan dan pendapat masing-masing.



37. Bagaimanakah cara untuk ikut berperan serta dalam penegakan hak asasi manusia dalam kehidupan sekolah?

Jawaban:

a. Menaati tata tertib sekolah dengan baik.

b. Menghormati bapak/ibu guru dan warga sekolah lainnya.

c. Tidak membeda-bedakan teman dalam pergaulan.

d. Membantu teman yang membutuhkan bantuan, dan sebagainya.




38. Sebutkan hak negara yang diatur dalam UUD 1945!

Jawaban:

a. Hak untuk ditaati hukum dan pemerintahan (Pasal 27 ayat (1))

b. Hak untuk dibela (Pasal 27 ayat (3))

c. Hak untuk dipertahakankan (pasal 30 ayat (1))

d. Hak untuk menguasai bumi, air dan kekayaan alam untuk kepentingan rakyat (Pasal 33 ayat (2) dan ayat (3))




39. Apakah yang dimaksud dengan nilai praksis Pancasila?

Jawaban: nilai praksis merupakan realisasi nilai-nilai instrumental suatu pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.




40. Sebutkan sikap positif yang dapat ditunjukkan setiap warga negara sesuai dengan sila pertama Pancasila!

Jawaban:

a. Hormat-menghormat dan bekerja sama antarumat beragama sehingga terbina kerukunan hidup.

b. Saling menghormati kebebasan beribadah sesuai agama dan kepercayaannya.

c. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain.




41. Sebutkan tujuan pembentukan komnas HAM!

Jawaban:

a. Meningkatkan perlindungan dan penegakan hak asasi manusia guna mengembangkan pribadi manusia Indonesia seutuhnya dan memampukannya berapartispasi dalam berbagai bidang kehidupan.

b. Mengembangkan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan hak asasi manusia sesuai dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Piagam Perserikatan Bangsa-bangsa, serta Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.





Baca juga:

- 40 Contoh Soal UTS/PTS PKN Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

- 50 Soal PTS PKN kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 dan kunci jawabannya.

- 50 contoh soal UTS/PTS PKN kelas 11 semester 1 K13 Edisi Revisi



42. Apa Tugas dan wewenang pengadilan HAM?

Jawaban: Pengadilan HAM bertugas dan berwenang memeriksa dan memutuskan perkara pelanggaran hak asasi manusia yang benar.




43. Apakah yang dimaksud dengan diskriminasi?

Jawaban: diskriminasi, adalah suatu pembatasan, pelecahan atau pengucilan yang langsung maupun tidak langsung didasarkan pada pembedaan manusia atas dasar agama, suku, ras, etnik, kelompok, golongan, jenis kelamin, bahasa, keyakinan, dan politik yang berakibat pengurangan, penyimpangan atau penghapusan hak asasi manusia, dan kebebasan dasar dalam kehidupan baik secara individual maupun kolektif dalam semua aspek kehidupan.




44. Jelaskan yang dimaksud dengan pelanggaran HAM berat!

Jawaban: pelanggaran HAM berat, yaitu pelanggaran HAM yang berbahaya dan mengancam nyawa manusia seperti pembunuhan, penganiayaan, perampokan, dan sebagainya.




45. Kapankah tragedi bom Bali terjadi?

Jawaban: tragedi bom Bali terjadi pada 12 November 2002.



46. Jelaskan yang dimaksud dengan pelanggaran hak asasi manusia menurut UU No. 39 Tahun 1999!

Jawaban: pelanggaran hak asasi manusia adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.



47. Sebutkan faktor eksternal yang menyebabkan terjadinya pelanggaran hak asasi manusia!

Jawaban:

a. Perangkat hukum yang tidak tegas dan tidak jelas sehingga menimbulkan ketidakpastian hukum.

b. Struktur sosial dan politik yang memungkin terjadinya pelanggaran hukum dan HAM.

c. Kesenjangan ekonomi

d. Teknologi yang digunakan secara salah

e. Belum meratanya pemahaman tentang HAM, adanya orang atau pihak yang membuat pelanggaran HAM itu menjadi mudah dilakukan.

f. Adanya pihak yang membantu dan mempermudah pelanggaran HAM, ketidaktegasan penegak hukum seperti polisi, hakim, jaksa dalam menangani pelanggaran HAM.

g. Kurang berfungsinya lembaga-lembaga penegak hukum.






48. Jelaskan yang Anda ketahui tentang instrumen HAM!

Jawaban: instrumen HAM merupakan alat untuk menjamin proses perlindungan dan penegakan hak asasi manusia. Instrumen HAM biasanya berupa peraturan perundang-undangan dan lembaga-lembaga penegak hak asasi manusia, seperti Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Pengadilan HAM. Instrumen HAM yang berupa peraturan perundang-undangan dibentuk untuk menjamin kepastian hukum serta memberikan arahan dalam proses penegakan HAM.




49. Bagaimana pengertian HAM menurut John Locke?

Jawaban: Hak asasi manusia adalah hak yang dibawa sejak lahir yang secara kodrati melekat pada setiap manusia dan tidak dapat diganggu gugat (bersifat mutlak).




50. Jelaskan yang dimaksud dengan universal dalam ciri khusus hak asasi manusia!

Jawaban: Universal, artinya hak asasi manusia berlaku untuk semua orang tanpa memandang status, suku bangsa, gender atau perbedaan lainnya.

Lanjut ke soal Bab 2 ==> 50 Contoh Soal PKN Kelas 11 Semester 1 Tentang Demokrasi Pancasila Kurikulum 2013 (PG+Essay)


0 komentar

Posting Komentar